Menu

Sunday, October 18, 2015

Bagaimana Mengatasi Mimisan? 5 Langkah Untuk Mengatasi Pendarahan



Mengobati mimisan dengan cara yang tidak benar dapat memperpanjang pendarahan dan bisa menimbulkan hal-hal buruk lainnya. Ikuti langkah-langkah yang benar untuk menghentikan mimisan.

Mimisan cukup umum terjadi pada anak-anak, ini terjadi sebagai akibat dari cidera ringan, hidung pengar atau kebiasaan meniup hidung. Sangat jarang mimisan bisa mengancam jiwa atau nyawa, terutama orang tua. Tetapi hal ini bisa juga sebagai tanda suatu gejala penyakit. Pada orang dewasa apabila mimisan sering terjadi( lebih dari sekali seminggu) ini bisa jadi gejala tekanan darah tingggi.

Berikut langkah-langkah yang benar untuk menghentikan mimisan seperti dilansir pada Rd.com;

1. Duduk bersandar ke depan

Duduk dan bersandar ke depan(tidak mundur) sehingga darah dapat mengalir.

2. Jepit hidung

Bernapaslah melalui mulut dan mencubit bagian lunak hidung untuk membantu mengurangi aliran darah. Ludahkan darah, menelannya bisa membuat sakit. Disarankan untuk tidak mengendus, menelan atau batuk karena dapat mengganggu gumpalan yang terbentuk.

3. Periksa hidung

Setelah 10 menit lepaskan tekanan dan periksa hidung. Jika masih berdarah ,jepit hidung lagi dengan cara mencubit hidung selama 10 menit.

4. Kompres dengan air dingin(air es)

Kompres hidung dengan air dingin/air es untuk mengurangi aliran darah.

5. Periksa hidung lagi

Setelah pendarahan terhenti, bersihkan sekitar hidung dengan kain basah. Jangan meniup hidung dan hindarilah beraktifitas berat sampai 12 jam.


No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik akan meninggalkan jejak dengan memberi komentar yang sesuai topik..terimakasih