Menu

Saturday, June 6, 2015

Manfaat Pare Untuk Kesehatan

U
   9 KHASIAT dan EFEK SAMPING YANG HARUS ANDA KETAHUI

Pare merupakan jenis sayuran yang tidak banyak penggemarnya, karena memiliki rasa yang pahit. Pare atau paria memiliki nama ilmiah momordica charantina .Pare termasuk dalam keluarga tanaman cucurbitaceae seperti melon dan labu. Pada memiliki bentuk buah bulat memanjang seperti mentimun,namun seperti bergerigi pada permukaan kulitnya .Saat masih muda pare berwarna hijau tua dan hijau muda dengan rasa yang sangat pahit. Tetapi setelah tua atau masak pare akan berwarna kuning oranye ,daging bijinya akan berwarna merah muda dengan rasa yang manis.

Pare biasanya dimasak dengan cara di tumis bersama tempe ,atau dijadikan camilan seperti sering kita temui di pedagang siomay. Ada trik khusus agar pare tidak pahit saat di masak.Yaitu setelah pare dipotong-potong, taburkan garam dan diremas-remas sampai layu dan berair. Tunggu sekitar 20 menit,kemudian dicuci bersih. Baru selanjutnya di masak.

Meskipun pare memiliki rasa yang pahit, tetapi pare mempunyai kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Pare mengandung vitamin B1, vitamin K, likopen, fitokimia dan antioksidan.

Tahukah kamu bahwa si sayuran pahit ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan Anda.Berikut adalah manfaat pare untuk kesehatan:

1. Manfaat pare untuk ibu menyusui

Masyarakat Indonesia sejak dulu telah memanfaatkan pare sebagai obat traditional.Khususnya untuk ibu menyusui.Pare bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI dan membuat ASI menjadi lebih kental.

Anda bisa membuatnya menjadi jus pare,atau kalau tidak suka dengan rasa pahitnya , pare bisa di gunakan sebagai lalapan yuaitu dengan cara dikukus atau dimasak tumis. Tapi ingat jangan dimasak terlalu matang, kareba kandungan gizinya akan banyak berkurang.

2. Manfaat pare untuk menurunkan kadar gula darah

Dilansir dari manfaatbuahdaun.blogspot.com bahwa pare mengandung senyawa insulin dan alkaloid yang disebut charntine. Senyawa ini berperan dalam menurunkan kadar gula darah. Untuk penderita diabetes tipe 2 sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pare.CATATAN: karena merupakan hipoglikemik yang kuat,pare tidak boleh digunakan bersamaan dengan obat lain yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena benar-benar dapat menurunkan kadar gula darah secara drastis, yang justru akan membahayakan.

3. Manfaat pare untuk menurunkan berat badan

Pare dapat melancarkan sistem pencernaan, selain itu pare mengandung antioksidan yang baik untuk metabolisme tubuh. Pare dapat merangsang enzim yang berfungsi menjaga pergerakan usus sampai makanan dikeluarkan.Sehingga dengan mengkonsumsi pare, anda akan terhindar dari masalah konstipasi.

4. Manfaat pare untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pare mengandung zat antioksidan yang berperan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, terutama untuk menangkal radikal bebas serta racun dan zat-zat berbahaya yang dikeluar dari metabolisme sel atau pun akibat polusi udara. Dengan mengkonsumsi pare Anda akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti: sakit jantung, dan penyakit hati.

5. Manfaat pare untuk anti gigitan nyamuk

Dengan sering mengkonsumsi pare maka Anda akan terhindar dari gigitan nyamuk.Hal ini dikarenakan nyamuk tidak menyukai darah Anda yang telah mengandung zat pare, yaitu rasa yang pahit.

6. Manfaat pare untuk regenerasi hati

Pare bermanfaat sebagai pembersih atau cleanser hati Anda. Pare dapat mengeluarkan racun pada hati, yang bisa menggangu kesehatan Anda. Pare dapat membersihkan hati dan meregenerasi sel-sel.

7. Manfaat pare untuk mengobati sesak nafas atau asma

Pare bermanfaat sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit sesak nafas akut seperti asma dan bronkitis. Jika Anda menderita salah satu penyakit tersebut, cobalah mengkonsumsi pare secara teratur. Insyallah penyakit Anda akan sembuh.

8. Manfaat pare untuk kesehatan kulit

Pare mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan alami.Antioksidan berperan dalam menangkal radikal bebas dan mengeluarkan racun pada kulit yang bisa mempercepat proses penuaan.Selain itu antioksidan juga berfungsi untuk melindungi kulit dari pengaruh sinar ultaviolet.

Baca juga:

9. Manfaat pare untuk ginjal

Pare bermanfaat untuk membersihkan ginjal Anda, sehingga Anda akan terhindar dari penyakit batu ginjal.

Efek samping mengkonsumsi pare secara berlebihan

Selain mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan,pare juga mempunyai efek samping.Dilansir dari manfaat.co.id pare memiliki efek samping:

1. Efek samping pare untuk ibu hamil

Untuk ibu yang sedang hamil sebaiknya menghindari makan pare. Dari penelitian terhadap seekor tikus yang sedang hamil dengan pemberian pare menyebabkan pendarahan dan keguguran. Jadi untuk keamanan sebaiknya menghindarinya.

2. Efek samping pare untuk penderita diabetes

Pare memang bermanfaat baik sebagai obat alami untuk menurunkan kadar gula darah. Tetapi jika Anda sedang dalam pengobatan dengan obat tertentu sebaiknya Anda harus sering mengontrol kadar gula darah Anda. Hal ini dikarenakan pare dapat menyebabkan kadar gula darah turun drastis, yang bisa membahayakan.

3. Akan melakukan operasi bedah

Bagi Anda yang akan menjalani operasi bedah sebaiknya menghindari makan pare terlebih dahulu, sebaiknya 2 minggu sebelum operasi berhentilah mengkonsumsi pare.Hal ini dikwatirkan pare akan menurunkan kadar gula darah Anda.

4. Efek samping pare untuk pria


Konsumsi pare yang berlebihan pada pria dapat memnggangu bahkan mematikan produksi sperma.Yang bisa berakibat terjadinya impoten.

Demikian manfaat pare untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Nb: like & share if you think this information is good...














No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik akan meninggalkan jejak dengan memberi komentar yang sesuai topik..terimakasih