Menu

Monday, May 25, 2015

Manfaat Daun Alpukat


Manfaat daun alpukat,sejak jaman dahulu masayarakat Indonesia sudah menggunakan alpukat sebagai obat traditional.Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat tapi ternyata daun alpukat juga berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Alpukat sendiri berasal dari Meksiko Amerika Tengah,dengan nama latin Persea Americana .Dan sekarang tanaman alpukat banyak dibudidayakan di Amerika Selatan.Meskipun tanaman tersebut bukan tanaman asli Indonesia namun kita bisa menemukan tanaman inj dengan mudah dan tidak asing lagi bagi masayarakat.

Kandungan daun alpukat

Salah satu kandungan daun alpukat yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan adalah questrin dan polifenol.

Polifenol termasuk dalam sub kelompok fitinutrein yang ditemukan pada minuman teh,anggur,bawang dan kacang-kacangan tertentu.Pelifenol alami melindungi tanaman melawan parasit,patogen dan predator.Selain itu pelinofel berkontribusi pada rasa dan warna pada buah dan sayuran.Zat ini memiliki tanda khas yaitu memiliki banyak gugus fenol dalam molekulnya.zat ini berperan dalam memberi warna pada daun,seperti saat musim gugur.

Questrin adalah senyawa kelompok flavonol terbesar,berada dalam kisaran sekitar 60-75%.Zat questrin dipercaya dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit degenerative dengan cara menangkal radikal bebas dan menghelat ion logam transisi makanan yang rendah.
Proses pemasakan dapat menyebabkan terjadinya proses degradasi oleh panas dan dapat melarutkan questrin pada air yang mendidih.
Rasa pahit dari daun alpukat berkhasiat sebagai diuretik dan menghambat pertumbuhan bakteri seperti bacilus sp,protectus sp dan pseudomonas sp.

Manfaat daun alpukat untuk kecantikan

1. Menghaluskan kulit

Daun alpukat merupakan salah satu herbal yang memiliki efek baik untuk kulit,salah satunya untuk menghaluskan kulit.Zat antioksidannya juga sangat baik untuk membantu membersihkan pori- pori kulit sehingga menjadi halus dan bersih.Cara penggunaan daun alpukat sangat mudah,yaitu tumbuk daun alpukat muda sampai halus,lalu oleskan pada tangan,kaki atau tubuh Anda,lalu biarkan sekitar 5-10 menit.Kemudian bilas dengan air bersih.

2. Melembabkan kulit wajah yang kering

Daun alpukat juga berkhasiat untuk menghaluskan dan melembabkan kulit wajah yang kering.Caranya: ambil beberapa daun alpukat,tumbuk sampai halus ,lalu gunakan sebagai masker wajah.Diamkan sekitar 10-15 menit,kemudian basuh dengan air bersih.

Manfaat daun alpukat untuk herbal alami

Selain bermanfaat untuk kecantikan daun alpukat juga berkhasiat untuk kesehatan,antara lain:untuk mengobati hipertensi,sakit perut,batu ginjal,sakit pinggang dan obat sariawan.

1.Mengobati sakit perut

Jika Anda mengalami sakit perut,daun sirsak adalah solusinya.Caranya:sediakan 5 gram daun alpukat segar,6 gram rimpang kunyit segar,5 gram akar temu kelinci dan 6 gram daun pegagan segar.Rebus semua bahan tersebut ke dalam 115 ml air hingga mendidih.Setelah dingin,minum air rebusan tersebut sehari sekali sebanyak satu gelas.

2. Membantu menurunkan hipertensi

Manfaat lain berikutnya adalah untuk mengobati hipertensi.Caranya: sediakan 3 lembar daun alpukat kemudian seduh dengan segelas air panas.Setelah dingin minum air seduhan tersebut satu kali sehari sampai hipertensi sembuh.

3. Mengobati sakit pinggang

Jika Anda mengalami sakit pinggang ,pasti hal ini akan mengganggu aktivitas kerja Anda.Cara yang paling aman adalah dengan mengobatinya dengan obat herbal alami ,salah satunya dengan memanfaatkan daun alpukat.
Caranya: ambil 5 lembar daun alpukat,kemudian rebus dengan 2 gelas air,didihkan sampai air tinggal segelas.Diamkan selama semalam penuh.Minum keesokan harinya.Lakukan cara ini selama 1 minggu.Insyallah sakit pinggang Anda akan sembuh.

4. Mengobati batu ginjal

Bagi penderita batu ginjal,Anda bisa memanfaatkan daun alpukat untuk pengobatan herbal alami.Caranya:ambil 7 helai daun alpukat  kemudian seduh dengan 100 ml air panas.Minum secara rutin pagi dan sore hingga batu ginjal keluar.

5. Mengobati sariawan

Jika Anda menderita sariawan gunakan daun alpukat untuk solusi pengobatan herbal alami. Caranya: coba gigitlah daun lembar sampai halus,kemudian tempelkan pada sariawan Anda.Diamkan kurang lebih 5-10 menit.lakukan cara ini 3 kali sehari dan lihat bedanya.

Manfaat lain dari daun sirsak antara lain:

-menghitamkan rambut.
Jika Anda ingin mempunyai rambut yang hitam berkilau,coba gunakan daun alpukat muda. Caranya: haluskan daun alpukat muda,kemudian usapkan merata pada rambut Anda.Diamkan selama 10 menit,setelah itu keramas sampai bersih.


(NB:apabila tidak ada efek/ perubahan sebaiknya konsultasi dengan dokter dan hentikan penggunaan herbal ini)

Demikian artikel manfaat daun alpukat ini saya angkat menjadi topik di blog Cantik alami.Semoga bermanfaat.Baca juga manfaat jambu biji merah



Nb: jika menurut Anda artikel ini bermanfaat mohon di share...





No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik akan meninggalkan jejak dengan memberi komentar yang sesuai topik..terimakasih