Menu

Thursday, June 4, 2015

Manfaat Ketimun untuk Kesehatan dan Kecantikan

  Ketimun atau mentimun merupakan jenis sayuran buah yang memiliki kadar air yang sangat tinggi seperti yang terdapat pada buah semangka.Ketimun memiliki bentuk bulat memanjang,dengan kulit berwarna hijau tua.Buah ini lebih sering di makan mentah sebagai lalapan.Pada artikel sebelumnya kita membahas tentang Benarkah makan timun bikin " becek" miss V. ? Di artikel sekarang ini kita akan membahas tentang manfaat ketimun untuk kesehatan dan kecantikan.

  Kandungan yang terdapat pada buah timun

 Ketimun atau timun tidak hanya sekedar memiliki kadar air yang tinggi,tapi juga terdapat beberapa zat dan mineral yang bermanfaat untuk metabolisme tubuh kita.Ketimun 95% terdiri air dan secara alami rendah kalori,lemak,kolesterol dan sodium. Menurut USDA National Database Gizi, pada secangkir irisan timun( sekitar 119 gram)mengandung:
  • 115 gram air
  • 16 kalori
  • 0.8 gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 2,9 gram karbohidrat (termasuk 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula)
Di dalam secangkir ketimun ini, juga mencukupi harian kebutuhan zat seperti: 11% vitamin K, 4% vitamin C, magnesium, kalium, mangan dan 2% dari vitamin A,thiamin,riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.Berikut ini adalah manfaat ketimun baik untuk kecantikan maupun untyk kesehatan tubuh:

Manfaat timun untuk perawatan kecantikan 

Manfaat timun yang paling disukai wanita adalah untuk perawatan kecantikan.
Terutama untuk perawatan wajah. Berikut ini manfaat ketimun untuk kecantikan:

1. Menghilangkan bintik  hitam pada wajah

Bintik- bintik hitam atau flek hitam pada wajah biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung.Jika Anda memiliki masalah tersebut pada wajah Anda, coba gunakan timun yang telah dihaluskan sebagai masker wajah.Timun dipercaya dapat menghilangkan bintik- bintik hitam pada wajah. Hal ini karena timun dapat digunakan sebagai tonik alami dan astringen.

2. Mengurangi kerutan di wajah

 Kerutan di wajah timbul karena beberapa faktor, salah satunya adalah wajah yang kering. Timun bisa mengembalikan kesegaran alami pada wajah dan sebagai pelembab wajah yang bagus.Hal ini dikarenakan kandungan air yang cukup tinggi pada jenis sayuran tersebut bermanfaat untuk membersihkan wajah dan memberi kesegaran alami. Caranya cukup letakkan beberapa irisan timun pada wajah Anda.


Baca juga: - manfaat buah manggis
                   - manfaat daun alpukat

3. Menghilangkan lingkaran hitam pada mata

Kandungan silika yang terdapat ketimun bermanfaat untuk peremajaan kulit disekitar mata.Caranya cukup letakkan potongan timun pada area mata Anda.Lakukan setiap hari secara rutin.

Manfaat ketimun untuk kesehatan

Selain bermanfaat untuk perawatan muka, timun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.Antara lain:

4. Menjaga asupan air pada tubuh

Ketimun memiliki kandungan air sekitar 95% yang kualitasnya lebih baik dari air biasa.Dengan memakan mentimun setiap hari Anda akan terbebas dari dehidrasi, selain itu air yang terkandung pada timun berperan aktif untuk membersihkan kotoran dan menetralkan toksin di dalam tubuh.

5. Menyehatkan jantung

Mentimun sangat baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.Kandungan kalium yang terdapat pada ketimun serta magnesium           dan serat sangat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah tinggi.Keseimbangan kalium di dalam maupun diluar sel- sel sangat penting bagi tubuh,untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.
Kalium adalah salah satu elektrolit bermuatan positif yang berfungsi dalam interaksi zat terhadap sodium, untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf,kontraksi otot dan fungsi jantung.

6. Melancarkan pencernaan

Pada mentimun terdapat 2 komponen terbanyak dan sangat diperlukan untuk kesehatan pencernaan,yaitu air dan serat.Kandungan air dan serat yang berlimpah membersihkan usus dari racun.Kulit mentimun mengandung serat larut yang membantu menambah kebutuhan buang air besar.Hal ini membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan yang lebih cepat untuk pencernaan sehat.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat pada ketimun bermanfaat untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tidak mudah sakit atau terserang penyakit,terutama saat terjadi perubahan cuaca dan lain- lain.

8. Mengobati diabetes

Ketimun juga bermanfaat sebagai obat alami untuk penderita diabetes.Hal ini karena ketimun mengandung suatu hormon yang dapat meningkatkan produksi insulin di dalam pankreas yang Anda miliki.

9. Membantu mengurangi  kolesterol jahat dalam darah.

Di dalam ketimun mengandung senyawa yang disebut sterol yang berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah yabg sangat buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

10. Melindungi otak

Di dalam timun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol(fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf dari penurunan fungsi otak karena faktor usia. Pda penelitian yang dilakukan pada seekor tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan alzhemeir.

11. Menjaga berat badan yang sehat

Serat larut yang terdapat pada ketimun memiliki tekstur seperti gel,yang akan memperlambat proses pencernaan.Sehingga perut Anda akan merasa kenyang lebih lama, hal inilah yang membuat berat badan Anda dapat terkontrol.

12. Menghilangkan bau mulut, menyehatkan gigi dan gusi

Mengunyah timun mentah akan membantu kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak, yang dapat mengurangi asam pada rongga mulut dan bakteri di dalamnya.Fitokimia yang terdapat pada ketimun dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut.Hal inilah yang bisa membantu menyehatkan gigi dan gusi.

Demikianlah manfaat ketimun untuk kesehatan dan kecantikan.Semoga bermanfaat.

(Dilansir dari berbagai sumber)

Nb:jika menurut Anda artikel ini bermanfaat mohon di share...

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik akan meninggalkan jejak dengan memberi komentar yang sesuai topik..terimakasih