Menu

Sunday, May 31, 2015

Manfaat Buah Manggis


Manfaat Buah Manggis - Manggis memiliki warna daging buah putih dengan warna kulit merah keunguan. Buah dengan nama ilmiah Gracinia Mangostana ini tumbuh di daerah tropis dan diyakini berasal dari Indonesia.Buah manggis telah tersebar ke beberapa negara di Asia Tenggara seperi Singapura,Thailand  dan negara Afrika.
Manggis memiliki daging buah yang sangat manis,sehingga banyak di gemari.Orang- orang menjuluki buah manggis sebagai ratu buah tropis,karena selain buahnya enak juga berkhasiat.Khasiat buah manggis sudah dipercaya turun temurun oleh masyarakat di negara Asia.Buah ini sudah dimanfaatkan sebagai obat traditional sejak abad ke 18 dan telah terbukti secara ilmiah.

Kandungan buah manggis

Di dalam buah manggis terkandung air,nutrisi,vitamin,zat dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.Antara lain: vitamin C,zat anti oksidan xanthone dan mengandung lemak tak jenuh.

Manfaat buah manggis untuk kesehatan

Buah manggis dapat di manfaatkan sebagai alternatif pengobatan secara traditional.Berikut khasiat buah manggis untuk kesehatan :

1. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan xanthones atau polifenol pada buah manggis dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah penyebarannya.Xanthones juga berperan mencegah pertumbuhan sel penyebab leukimia.

2. Mencegah bat ginjal

Manfaat buah manggis selanjutnya adalah untuk mencegah batu ginjal.Dengan mengkonsumsi buah manggis maka kita akan sering buang air kecil,hal ini akan membantu memperlancar kerja ginjal.Untuk mencegah batu ginjal Anda bisa mengkonsumsi buah manggis setiap hari.

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah manggis berperan dalam menjag sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.Sehingga tubuh kita tidak mudah sakit.

4. Memperlancar peredaran darah

Nutrisi yang terkandung dalam buah manggis berperan dalam mempromosikan sel darah dan mencegah anemia.Hal ini dikarenakan nutrisi pada buah ini memperlancar aliran darah yang menyebabkan pelebaran aliran darah.Hal ini juga mencegah katarak karena aliran darah menjadi lancar.
Jadi di Anda memiliki penyakit darah tinggi sebaiknya hindari makan buah manggis.

5. Menyehatkan kulit

Manfaat lain dari buah manggis adalah untuk menyehatkan dan mempercantik kulit Anda.Buah manggis mengandung senyawa antibakteri dan anti mikrova yang dapat menyebabkan penyakit pada kulit.Jika Anda mempunyai wajah yang mudah berjerawat,kulit berminyak dan noda /flek hitam rajinlah mengkonsumsi buah manggis,karena senyawa yang terdapat pada buah manggis mempunyai efek menyembuhkan.Selain itu anti oksidan yang terdapat pada buah manggis dapat menangkal radikal bebas,mencegah penuaaan dan membuat Anda awet muda.

Demikian manfaat buah manggis yang sangat baik untuk kesehatan Anda.Baca juga manfaat daun alpukat pada artikel sebelumnya.


Nb:jika menurut Anda artikel ini bermanfaat mohon di share...

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik akan meninggalkan jejak dengan memberi komentar yang sesuai topik..terimakasih