Menu

Sunday, December 27, 2015

Ingin Memiliki Mata Sehat? Makanlah Sebutir Telur Setiap Hari! Ini Buktinya!



Degenerasi makula adalah suatu kondisi yang menyebabkan penglihatan kabur dan bahkan kebutaan. Ternyata telur bisa menjadi kunci untuk menjaga kesehatan mata Anda.


Bagaimana telur bisa menjaga mata Anda sehat?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa wortel baik untuk mata Anda, tapi telur? Sebenarnya ya. Telur goreng atau direbus tidak hanya menjadi lauk pada menu sarapan Anda tetapi juga dapat membantu melindungi penglihatan Anda. Pigmen yang membuat kuning telur adalah pigmen yang sama yang melindungi mata Anda dari sinar berbahaya dari matahari. Retina dibelakang mata terdiri dari lapisan sel peka cahaya yang memungkinkan kita untuk melihat. Ditengah ada sebuah daerah yang disebut makula dimana sel-sel yang lebih padat. Wilayah ini berkaitan dengan pusat, visi yang sangat terfokus. Sel-sel ini dapat mulai mati, khususnya bagi orang-orang diatas usia 65 tahun, karena sebagian efek merusak dari sinar UV dalam sinar matahari. Kondisi ini disebut degenerasi makula dan itu membuat Anda kesulitan untuk membaca, mengemudi atau mengenali wajah atau bahkan tidak mungkin.

Bagaimana telur bisa melindungi mata Anda?

Ada bukti yang menunjukkan bahwa meningkatkan jumlah antioksidan dalam menu makanan Anda dapat memiliki efek perlindungan, dan antioksidan yang memiliki manfaat luar biasa adalah lutein dan zeaxanthin - pigmen yang membuat warna kuning pada kuning telur. Pigmen ini dibuat dalam daun tanaman dan dapat ditemukan dalam makanan nabati termasuk bayam, jagung dan paprika. Tetapi para ilmuwan telah menemukan bahwa tubuh membutuhkan lutein dan zeaxanthin yang mudah Anda temukan pada kuning telur. Mungkin karena antioksidan ini terkandung dalam matriks berbasis lemak bersama dengan mikronutrien lain seperti vitamin A, D dan E

Tidakkah telur tinggi kolesterol?

Telur mengandung jumlah yang relatif tinggi kolesterol, ahli gizi merekomendasikan untuk membatasi asupan hingga maksimal 3 butir telur per minggu. Tampaknya bahwa cara kolesterol diproses dan diambil oleh tubuh mungkin lebih rumit dari yang diduga sebelumnya.
Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006 di University of Massachusetts, ketika pasien diberi satu butir telur selama lima minggu, tingkat lutein dan zeaxanthin dalam darah meningkat secara signifikan. Para peneliti juga mengukur kolesterol dalam darah peserta dan menemukan bahwa ini tidak berpengaruh.

Sertakan lebih banyak telur dalam menu makan Anda

Anda mungkin ingin memasukkan lebih banyak telur dalam menu makan Anda setiap hari untuk melindungi terhadap degenerasi makula. Namun perlu diingat, jika Anda menderita suatu gangguan penyakit konsultasikan ke dokter Anda tentang berapa Anda harus makan, karena akan tergantung pada gaya hidup Anda dan kesehatan umum.
Cara penting lainnya untuk menjaga kesehatan mata yaitu dengan periksa mata secara teratur, lindungi mata Anda dari sinar matahari dan makan kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran.



No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik akan meninggalkan jejak dengan memberi komentar yang sesuai topik..terimakasih