Menu

Wednesday, November 4, 2015

7 Alasan Mengapa Cokelat itu Sehat


Cokelat telah dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu makanan paling lezat di dunia, terutama bagi anak-anak dan kaum hawa. Selain itu cokelat hitam juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi perlu di ingat ada kandungan gula dan lemak pada cokelat olahan.

Dilansir pada besthealthmag.ca berikut 7 alasan mengapa cokelat itu menyehatkan;


1. Cokelat kaya Antioksidan

Cokelat hitam mengandung senyawa flavenoid dalam jumlah yang besar dan kuat melawan penyakit, antioksidan juga ditemukan dalam anggur merah, buah-buahan dan sayuran. Flavenoid pada cokelat hitam lebih banyak dari makanan lain.

2. Cokelat membantu mengurangi PMS

"Ada alasan kenapa kita menginginkan makanan tertentu, seperti cokelat, pada waktu datang bulan. Cokelat menenangkan endorfin yang dapat mengurangi kecemasan. Selain itu tinggi magnesium yang mengangkan suasana hati dan mengurangi retensi air. Tetapi kebanyakan gula, garam, dab kafein dapat menjadi bumerang, karena bisa menyebabkan kembung dan retensi cairan( belum lagi masalah berat badan)." kata Nathalie Lussier seorang pelatih makanan sehat di Toronto.

3. Cokelat dapat menurunkan kolesterol

Sebuah studi kecil dari University of Illinois di Urbana-Champaign menemukan bahwa mengkonsumsi flavanol yang terkandung pada cokelat hitam dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah membaik.

4. Cokelat dapat mencegah komplikasi kehamilan

Sebuah studi baru melaporkan bahwa bahan kimia(theobromine) ditemukan dalam cokelat dapat mengurangi preeklampsia, komplikasi kehamilan besar.
Semakin gelap cokelat,akan semakin baik. Preeklampsia terutama dicatat untuk meningkatkan tekanan darah pada ibu hamil dan makan cokelat membantu menurunkan resiko ini hingga 69 persen.

Penelitian terhadap hampir 2.300 perempuan ditemukan manfaat lebih besar bagi mereka yang makan cokelat lima atau lebih porsi per minggu terutama pada usia kehamilan ketiga bulan. Namun para peneliti mengatakan bahwa diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hubungan langsung antara cokelat dan preeklampsia.

5. Cokelat membantu mencegah penyakit jantung

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengkonsumsi 70 persen dark chocolate/ cokelat hitam (sekitar 20 gram perhari) menunjukkan peningkatan yang nyata dalam aliran darah, sementara tidak ada peningkatan pada mereka yang makan "diproses" cokelat yang mengandung sedikit pasta kakao.

6. Cokelat dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda


Para peneliti dari Universitas Heinrich Heine di Jerman melakukan penelitian pada pemakan cokelat dengan memaparkan sinar ultraviolet dan menemukan bahwa setelah 6 minggu, mereka memiliki kulit memerah 15 persen lebih sedikit dibanding mereka yang tidak memakannya. "Kami percaya bahwa senyawa dalam cokelat bertindak sebagai filter UV" kata pemimpin studi Wilhelm Stahl. Setelah 12 minggu kulit pemakan cokelat 16 persen lebih padat dan 42 persen lebih sedikit bersisik.

7. Cokelat dapat mengurangi rasa sakit

Baru-baru ini studi yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience menemukan bahwa tikus tidak merespon secepat rasa sakit saat mereka makan cokelat. Peneliti studi tersebut mengatakan efek penghilang rasa sakit iji bisa merugikan manusia karena dapat menyebabkan obesitas. Penelitian ini juga menemukan bahwa air minum juga mengurangi rasa sakit.

1 comment:

  1. Nantapp gan info nya :) sangat mebantu.
    Di tunggu kunbal nya gan :) iqbalpratama999.blogspot.com

    ReplyDelete

Pembaca yang baik akan meninggalkan jejak dengan memberi komentar yang sesuai topik..terimakasih