Menu

Sunday, November 1, 2015

5 Cara Mengurangi Rasa Ngilu Akibat Gigi Sensitif


Gigi sensitif tidak hanya menyakitkan tetapi juga dapat memulai mengganggu kehidupan Anda sehari-hari.
Dikutip dari besthealtmag.ca berikut adalah lima cara untuk membantu mengurangi sensivitas gigi Anda;


1. Cobalah pasta gigi yang dibuat khusus untuk gigi sensitif

Beberapa merek pasta gigi dipasaran yang dirancang untuk membantu orang dengan gigi sensitif, mengandung bahan aktif yang disebut kalium nitrat, yang membantu untuk memblokir tubulus kecil di dentin.

2. Mengubah cara Anda menyikat gigi

Jika Anda tidak menggunakan sikat gigi lembut, menggosok gigi dengan penuh semangat dan menggosok gigi lebih dari dua menit. Maka rubahlah kebiasaan tersebut. Karena ini akan merusak enamel dan meningkatkan sensivitas pada gigi.


3. Hindari makanan dan minuman asam

Paparan jus buah dan makanan asam seperti acar dan asam jeruk dapat merusak enamel gigi. Batasi makanan dan minuman yang banyak mengandung asam dan coba untuk menyikat gigi sekitar 20 menit setelah makan.

4. Tanyakan ke dokter gigi Anda 

Jika pasta gigi sensitif tidak bisa membantu untuk mengurangi rasa ngilu pada gigi Anda, berbicaralah ke dokter gigi Anda untuk melakujan pelapisan pada gigi sensitif. Pernis fluoride atau plastik resin dapat diterapkan pada daerah gigi sensitif Anda.


5. Melakukan perawatan pada gusi surut Anda

Biasanya akar gusi dilapisi oleh jaringan gusi. Tapi jika Anda memiliki beberapa masalah gusi, yang disebabkan oleh penyakit gusi atau karena menyikat gigi dengan keras, maka akar akan terkena dan sementum dapat aus. Dokter gigi Anda mungkin bisa membangun kembali atau mengembalikan gusi surut Anda, misalnya dengan perawatan yang melibatkan cangkok jaringan.


Tetapi perlu diperhatikan bahwa sebelum pengobatan, sangat penting pertama untuk menentukan penyebab pasti gigi sensitif. Dengan cara itu Anda akan menemukan solusi yang tepat. Jika penyebabnya karena kesalahan dalam menyikat gigu dan menyebabkan gusi surut, maka yang perlu dilakukan adalah mengubah cara Anda menyikat gigi.

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik akan meninggalkan jejak dengan memberi komentar yang sesuai topik..terimakasih